Sertifikasi ISO untuk Meningkatkan Kualitas Operasional Perusahaan di Pandemi Covid-19

Pandemi COVID-19 memengaruhi kondisi perekonomian seluruh negara di dunia. Pertumbuhan ekonomi dunia terkontraksi sebesar 4,3 persen jika kita bandingkan dengan tahun 2019. Angka kontraksi ini bahkan lebih parah dibandingkan dengan krisis keuangan global tahun 2009.

sertifikasi iso dan pandemi covid

Kontraksi Ekonomi Indonesia

Indonesia tidak luput dari kontraksi ekonomi akibat pandemi. Perekonomian Indonesia terkontraksi sebesar 2,07 persen year-on-year.

Hal ini karena pandemi yang menghambat kegiatan ekonomi di berbagai sektor usaha, menumbuhkan rasa takut di masyarakat dan menurunkan daya beli secara masif.

Ketahanan Bisnis di masa Pandemi

Ketahanan bisnis di masa pandemi mengalami ujian berat. Hampir seluruh bidang usaha mengalami kontraksi dan menurunkan kegiatan operasional.

Hal ini kemudian secara langsung ikut memengaruhi keuntungan yang perusahaan dapatkan. Bahkan beberapa pebisnis besar dengan terpaksa harus menutup operasi usaha akibat pandemi.

penyemprotan saat pandemi

Fokus bagi pebisnis kecil maupun besar adalah mempertahankan cashflow.Selain tetap menjaga tingkat kepuasan pasar atas barang atau jasa yang perusahaan tawarkan.

Faktor pandemi tidak boleh menjadi alasan bagi pebisnis untuk menurunkan kualitas produk dan pelayanan. Kepastian mutu yang pasar rasakan akan mendorong kepercayaan untuk tetap menggunakan barang atau jasa yang perusahaan berikan. Hal ini membuat perusahaan mampu menjaga arus pendapatan hasil dari kegiatan usaha.

Sistem Manajemen Perusahaan saat Pandemi

Sistem manajemen perusahaan menjadi inti perhatian dalam menjaga operasional usaha di masa pandemi. Manajemen dapat memanfaatkan ini sebagai waktu terbaik untuk menyesuaikan dan melakukan perbaikan. Guna menjaga kendali sistem manajemen yang akan berbuah pada kualitas produk atau jasa.

Sistem manajemen perusahaan yang baik diperlukan untuk meyakinkan bahwa proses bisnis perusahaan telah mematuhi standar yang berlaku sehingga meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan (stakeholder).

Sertifikasi ISO Saat Pandemi

Pengendalian standar sistem manajemen perusahaan yang baik dapat terwujud dengan memenuhi standardisasi ISO. Memiliki sertifikasi ISO saat pandemi atas suatu produk dan jasa menjadi terobosan untuk unggul dalam persaingan di pasar domestik dan global.

sertifikasi iso saat pandemi

Sertifikasi ISO 27001

Hal ini juga mendapat dukungan dengan berbagai kegiatan usaha yang semakin terkait dengan pemenuhan sertifikasi ISO. Salah satunya adalah kewajiban kepemilikan sertifikasi ISO 27001 terkait sistem manajemen keamanan informasi. Bagi perusahaan industri fintech pendanaan hal ini menjadi kewajiban untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data pelanggan.

Sertifikasi ISO 9001

Atau ISO 9001 terkait sistem manajemen mutu bagi perusahaan industri masker kain untuk menjaga kualitas dan keamanan penggunaan masker dalam menghadapi masa pandemi. Serta kewajiban kepemilikan sertifikasi ISO oleh perusahaan supplier terkait ekspor dan impor sebagai salah satu aspek penilaian kepercayaan antara kedua belah pihak.

Meskipun dalam pemenuhan sertifikasi ISO memerlukan biaya tambahan dan pengelolaan (re-sertifikasi), ISO dapat menjadi solusi bagi perusahaan untuk mampu menjaga kegiatan usaha dan meningkatkan kualitas atas produk dan jasa.

Kesimpulan

Kedepannya, ISO dapat memberikan manfaat yang luas bagi kegiatan operasional usaha. SWBC siap berperan sebagai konsultan ISO yang mampu untuk memberikan jasa pendampingan dan pelatihan hingga perusahaan siap untuk memperoleh sertifikasi.

Peran kami sebagai konsultan akan membantu meringankan perusahaan dalam memperoleh sertifikasi ISO, menjaga perusahaan untuk tetap fokus dalam menjalankan kegiatan usaha dan meminimalisasi risiko atas gagalnya proses sertifikasi yang akan menambah biaya bagi perusahaan.

Ilham memulai karirnya di Kantor Akuntan Publik lokal dan kemudian melanjutkan bekerja di ErnstYoung yang merupakan salah satu Kantor Akuntan 4 Besar. Dengan pengalaman dan latar belakang pendidikan, saat ini beliau memegang gelar “Akuntan Publik” (CPA) dari Institut Akuntan Publik Indonesia; “ASEAN Chartered Professional Accountant” (ACPA) dari Komite Koordinasi Akuntan Profesional ASEAN Chartered (ACPACC); Chartered Accountant (CA) dari Institute of Indonesia Chartered Accountants. Saat ini Ilham juga memiliki Sertifikasi Profesi untuk Pajak atau “Konsultan Pajak Bersertifikat dari Asosiasi Konsultan Pajak Indonesia.

LinkedIn
Facebook
Instagram
YouTube
Open chat
1
Bagaimana kami dapat membantu Anda?