Ini Risiko Untuk Organisasi Bila Tidak Sesuai Dalam Menerapkan Proses Tahapan Sertifikasi Iso

ISO memiliki berbagai manfaat yang mampu anda rasakan secara nyata bagi organisasi.

Selain memenuhi berbagai regulasi pemerintah yang berlaku, penerapan sistem manajemen organisasi yang sesuai dengan standardisasi ISO seperti iso 9001 ataupun iso 27001 nyatanya mampu menjaga dan meningkatkan kegiatan operasional organisasi.

Kepemilikan sertifikasi ISO juga meningkatkan citra organisasi di mata pihak pemegang kepentingan (stakeholder) sehingga mampu meningkatkan kepercayaan terhadap organisasi tersebut.

Pencabutan Sertifikasi ISO

Dalam memperoleh sertifikasi ISO, organisasi tidak boleh hanya berfokus untuk mendapatkan bukti tertulis terkait kepemilikan sertifikasi ISO.

Kepemilikan ini akan membutuhkan pembaruan secara berkala setiap tahunnya (renewal), sehingga akan ada risiko pencabutan sertifikasi ISO oleh badan sertifikasi bila ISO tidak mendapatkan penerapan yang baik. Pencabutan ini akan mengakibatkan organisasi harus melakukan tahap sertifikasi kembali dari awal.

Perlu berbagai proses bagi organisasi untuk dapat menerapkan standar sertifikasi ISO sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Organisasi perlu memahami persyaratan dalam proses sertifikasi ISO.

Pembentukan tim internal perlu untuk identifikasi kelengkapan dokumen dan penerapan standar yang tercantum ke dalam kegiatan operasional.

Kegagalan implementasi ISO

Jika perencanaan dan implementasi tidak berjalan dengan baik, organisasi akan terancam mengalami kegagalan dalam proses audit sertifikasi ISO yang akan membuang waktu, tenaga dan biaya yang telah keluar.

Konsultan memiliki peran penting membantu organisasi meraih sertifikasi ISO.

Konsultan akan bekerja sama dengan tim internal untuk melakukan identifikasi gap yang ada dengan standar, membantu tim internal untuk memahami proses bisnis serta memahami bagaimana penerapan standar yang perlu dipenuhi hingga organisasi siap untuk diaudit oleh badan sertifikasi.

Selain itu, konsultan juga membantu organisasi untuk memberikan gambaran proses audit sertifikasi ISO yang akan berlangsung. Hal ini akan menurunkan risiko kegagalan dari proses memperoleh sertifikasi.

Menentukan Konsultan ISO yang tepat

Peran organisasi dalam menentukan konsultan yang tepat perlu demi kelancaran proses perolehan sertifikasi ISO.

Organisasi perlu melihat reputasi dari konsultan yang ingin digunakan. Rekam jejak konsultan dalam memberikan jasa dan menyesuaikan biaya jasa konsultasi sesuai kemampuan organisasi.

SWBC Konsultan ISO

ShineWing Brio Consulting dapat menjadi pilihan sebagai konsultan ISO. Sebagai konsultan yang berkomitmen dalam memberikan jasa konsultasi kualitas terbaik dan memiliki keahlian serta pengalaman di bidangnya.

Ilham memulai karirnya di Kantor Akuntan Publik lokal dan kemudian melanjutkan bekerja di ErnstYoung yang merupakan salah satu Kantor Akuntan 4 Besar. Dengan pengalaman dan latar belakang pendidikan, saat ini beliau memegang gelar “Akuntan Publik” (CPA) dari Institut Akuntan Publik Indonesia; “ASEAN Chartered Professional Accountant” (ACPA) dari Komite Koordinasi Akuntan Profesional ASEAN Chartered (ACPACC); Chartered Accountant (CA) dari Institute of Indonesia Chartered Accountants. Saat ini Ilham juga memiliki Sertifikasi Profesi untuk Pajak atau “Konsultan Pajak Bersertifikat dari Asosiasi Konsultan Pajak Indonesia.

LinkedIn
Facebook
Instagram
YouTube
Open chat
1
Bagaimana kami dapat membantu Anda?