Konsultan ISO 9001 SWBC siap untuk membantu perusahaan anda meraih sertifikasi untuk standar sistem manajemen mutu. ISO 9001: 2015 merupakan standar internasional yang digunakan dalam Sistem Manajemen Mutu (SMM) atau Quality Management Systems.

ISO 9001 merupakan standar sistem manajemen mutu atau sistem yang menjamin mutu suatu proses bisnis, dengan standar yang disusun, ditetapkan, dan implementasikan oleh organisasi dalam menjalankan proses dan aktivitas bisnis suatu perusahaan.

Shine Wing Brio Consulting, menyediakan jasa konsultan ISO 9001 yang menjadi persyaratan bagaimana suatu perusahaan dapat beroperasi dan organisasi dapat lebih efektivitas dalam proses bisnis untuk peningkatan yang berkelanjutan (continual improvement).

Mengenal ISO 9001

ISO 9001: 2015 adalah standar yang fleksibel. Standar ini tidak menentukan tujuan dan cara menjalankan bisnis suatu perusahaan. Hal ini memungkinkan setiap perusahaan untuk menentukan sendiri tujuan dan cara menjalankan bisnis yang sesuai dengan standar yang seharusnya.

ISO 9001: 2015 membuat panduan yang dapat digunakan untuk menciptakan efisiensi dengan merampingkan proses dalam suatu perusahaan. Hal ini sebagai upaya untuk menurunkan biaya, memenuhi persyaratan aturan dan membantu perusahaan memperluas pasar baru.

Dalam hal memperluas pasar, saat ini semakin banyak klien yang menuntut perusahaan untuk melakukan sertifikasi ISO 9001. Hal ini menjadi semakin penting untuk perusahaan yang bergerak di atau dengan sektor publik dan supplier otomotif dan swasta dalam skenario OEM (Original Equipment Manufacturer).

Penting untuk diketahui bahwa ISO tidak melakukan sertifikasi ISO 9001: 2015. Sebagai gantinya, perusahaan melibatkan badan sertifikasi independen untuk melakukan audit penerapan QMS terhadap persyaratan ISO. Perusahaan dari beragam sektor dapat menerapkan standar ISO ini, termasuk perusahaan yang lebih kecil yang tidak memiliki divisi Quality.

Perbedaan ISO 9001: 2015 dan ISO 9001:2008

Apa yang ada dalam ISO 9001: 2015 dan apa bedanya dengan ISO 9001: 2008?

Setiap perusahaan akan memprioritaskan setiap prinsip dengan cara yang berbeda pada berbagai tahap perkembangannya. ISO 9001: 2015 berisi subset elemen taktis yang melengkapi prinsip-prinsip strategis yang diberikan di atas. Kelima elemen ini, yang mewakili kemajuan signifikan pada ISO 9001: 2008, adalah:

  • Siklus Plan-Do-Check-Act
  • Pemikiran berbasis risiko
  • Partisipasi kepemimpinan
  • Struktur terpadu
  • Persyaratan dokumentasi yang diperjelas.

Elemen-elemen ini saling melengkapi dan sangat terintegrasi ke dalam struktur ISO 9001: 2015.

Proses Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001

Perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikasi ISO 9001: 2015 kemungkinan akan masuk ke dalam salah satu dari dua kelompok yakni perusahaan yang belum pernah disertifikasi ISO 9001, dan perusahaan yang sudah bersertifikat ISO 9001: 2008 dan perlu memperbarui ke ISO 9001: 2015.

Transisi dari ISO 9001: 2008 ke ISO 9001: 2015

Perusahaan yang beralih dari ISO 9001: 2008 ke ISO 9001: 2015 memiliki keuntungan dari Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang sudah ada sebagai titik awal. Namun, hal ini tidak berarti proses transisi dapat selesai dalam beberapa hari saja tanpa auditor. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang transisi ini.

Adaptasi dengan standar baru

Membaca dan menjadi akrab dengan ISO 9001: 2015 menjadi langkah awal untuk membantu perusahaan menentukan sejauh mana perubahan ISO 9001: 2015 berdampak pada ruang lingkup dan implementasi SMM perusahaan.

Audit sumber daya internal

Perusahaan perlu saling berdiskusi dengan tim internal seperti IT dan Human Resources untuk menilai alat dan pelatihan yang dibutuhkan. Perusahaan juga perlu menentukan apakah ada proses baru yang perlu dimasukkan dalam SMM.

IT dapat membantu menilai alat yang tersedia di pasar untuk mengelola proses SMM, sedangkan HR memastikan semua karyawan mendapatkan pelatihan yang memadai dalam mengelola SMM.

Konsultasikan Sumber Daya

Perusahaan yang bertransisi ke standar 2015 harus berkonsultasi dengan daya oleh ISO / TC 176 / SC2, sub-komite untuk Sistem Kualitas.

Komite ini tidak hanya mengembangkan ISO 9001: 2015, tetapi juga memelihara sumber daya dan produk pembelajaran untuk membantu organisasi menerapkan standar.

Perusahaan juga harus berkonsultasi dengan badan sertifikasi mereka untuk memberikan panduan ahli tentang apa yang diharapkan saat mempersiapkan transisi ke standar 2015.

Regulasi Terkait ISO 9001:2015

  • Kepmenaker No. 236/2014 tentang pedoman pelaksanaan sistem manajemen mutu ISO 9001 bidang penempatan tenaga kerja di kabupaten / kota
  • Undang-undang no. 25 tahun 2009, tentang pelayanan publik
  • Permen PU no. 04/PRT/M/2009, tentang sistem manajemen mutu departemen pekerjaan umum
  • Persyaratan pelanggan

Manfaat Umum ISO 9001

  • Meningkatkan kinerja organisasi
  • Meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan efisiensi diproses
  • Meminimalkan pekerjaan berulang
  • Mengurangi keluhan pelanggan
  • Menurunkan produk gagal
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan peluang pasar global
  • Meningkatkan citra perusahaan dan daya saing
  • Jaminan kualitas produk dan jasa

Manfaat Strategis ISO 9001

Mendukung Menajemen Bisnis Anda Lebih Efektif

Dengan menggunakan ISO 9001 maka perusahaan Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, motivasi staff dan membangun budaya peningkatan berkelanjutan

Standar sistem manajemen mutu mendukuk manajemen bisnis Anda menjadi lebih efektif. Selain itu sertifikasi untuk sistem ini akan membantu Anda memenuhi persyaratan pelanggan.

Sangat cocok untuk organisasi mana pun yang ingin meningkatkan kepuasan pelanggan, motivasi staf dan membangun budaya peningkatan berkelanjutan.                     

Meningkatkan Brand Image pada Perusahaan

Pelanggan yang ada saat ini dan yang akan datang menjadi percaya bahwa produk dan layanan anda memiliki mutu yang baik dan berstandar internasional.                  

Meningkatkan Kinerja Perusahaan

ISO 9001 dapat mendorong perusahaan Anda dalam menyediakan kualitas yang terbaik dengan mengurangi biaya dan keluhan pelanggan.

Sistem ini mendorong praktek terbaik di seluruh organisasi untuk menyediakan kualitas yang luar biasa dan meningkatkan kinerja organisasi untuk mengurangi biaya dan keluhan pelanggan.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan adanya sertifikat ISO 9001, perusahaan akan dipandang memiliki mutu yang tinggi dan mampu bersaing dengan kompetitor.

Sertifikasi ISO 9001 memberikan rasa percaya diri bagi pelanggan anda dalam menjalankan proses bisnis dan memiliki kemampuan yang berstandar tinggi dalam menjalankan operasi dan layanan secara konsisten memahami kebutuhan pelanggan dan mampu meningkatkan kinerja keberlanjutan perusahaan untuk meningkatkan citra perusahaan dan daya saing.

Layanan Konsultan ISO 9001 SWBC

Konsultan ISO 9001 ShineWing Brio Consulting akan secara professional membantu setiap kebutuhan perusahaan Anda, bersama dengan team yang berpengalaman di berbagai industri baik nasional maupun multinasional, kami menjamin Anda akan mendapatkan solusi terbaik untuk perusahaan Anda dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Hubungi kami melalui formulir di samping ini atau hubungi nomor whatsapp yang tertera di halaman website ini.

    Permintaan Informasi

    Beritahu kami bagaimana kami dapat membantu Anda

    * Kami tidak membagikan informasi pribadi Anda dengan siapa pun. Lihat Kebijakan Privasi kami untuk informasi lebih lanjut.