ISO 45001 merupakan standar Internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3), melalui penerapannya organisasi secara proaktif meningkatkan kinerja SMK3 dalam mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

ISO 45001 memiliki fokus pada identifikasi dan pengendalikan risiko bahaya, sama dengan yang dipersyaratkan oleh OHSAS 18001. ISO 45001 mempersyaratkan organisasi untuk memperhitungkan bagaimana pemasok dan kontraktor mengelola risikonya.

Dalam ISO 45001 beberapa konsep dasar yang berubah, seperti pendekatan berbasis risiko, pekerja dan tempat kerja. Terdapat pula istilah atau definisi baru seperti: monitoring, pengukuran, efektivitas, kinerja dan proses K3.

Apa itu ISO 45001?

ISO 45001 adalah Standar Internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Panduan penggunaannya memungkinkan organisasi secara proaktif meningkatkan kinerja K3 dalam mencegah cedera dan gangguan kesehatan.

ISO 45001 dimaksudkan untuk dapat diterapkan pada organisasi apa pun terlepas dari ukuran, jenis dan sifatnya. ISO 45001 memungkinkan sebuah organisasi, melalui sistem manajemen K3, untuk mengintegrasikan aspek K3 dengan keselamatan pekerja.

ISO 45001: 2018
(Occupational Health & Safety Management System)

ISO 45001:2018
Ilustrasi ISO 45001:2018

ISO 45001 Menyediakan struktur untuk meningkatkan keselamatan, mengurangi risiko di tempat kerja dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan di tempat kerja.

ISO 45001: 2018 menggantikan standar sebelumnya, yaitu OHSAS 18001. Organisasi yang saat ini memiliki sertifikasi OHSAS 18001: 2007 memiliki waktu hingga 11 Maret 2021 untuk menyelesaikan migrasi untuk diupgrade ke ISO 45001: 2018.

Pentingnya Implementasi ISO 45001

Pada dasarnya, mendukung dan melindungi tempat kerja yang aman dan sehat adalah tugas setiap orang. Di seluruh dunia, organisasi semakin peduli untuk mencapai standar tempat kerja yang aman dan sehat. Hal ini dilakukan karena standar yang baik dapat mampu menghemat biaya operasional maupun perbaikan organisasi Anda. Selain itu, berikut manfaat pentingnya mengimplementasikan ISO 45001 dalam organisasi Anda:

Meningkatkan Kesehatan dan Keselamatan Pekerja

ISO 45001 memungkinkan organisasi untuk meningkatkan sistem manajemen K3 mereka sehingga dapat mencapai lingkungan yang aman dan andal bagi pekerja mereka. Sebagai organisasi bersertifikat ISO 45001, Anda akan aktif untuk mencoba dan mengurangi potensi risiko yang serius. Organisasi dengan risiko kecelakaan yang besar seperti kilang minyak dan pabrik memiliki peluang lebih besar untuk mengalami cedera serius. Hal ini membuat standar ISO 45001 sangat penting untuk mereka memiliki sistem manajemen K3 yang aktif.

Meningkatkan Kinerja Organisasi

Sertifikasi ISO 45001 akan berdampak besar pada peningkatan kinerja organisasi Anda secara keseluruhan. Saat organisasi Anda memutuskan untuk bersertifikat ISO, Anda akan diaudit oleh pihak ketiga dan memiliki audit internal berkelanjutan. Audit tidak hanya untuk menemukan ketidaksesuaian, tetapi juga secara aktif berupaya untuk meningkatkan kinerja yang tidak efektif sehingga organisasi Anda lebih produktif dan meningkatkan kinerja.

Memenuhi Kebutuhan Pasar

Banyak organisasi memilih untuk menerapkan K3 ISO 45001 agar menjadi organisasi yang lebih kompetitif di pasar. Saat ini semakin banyak pihak yang peduli dengan kebutuhan prioritas organisasi dan ingin menjamin memiliki Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Secara tidak langsung ini juga akan menarik calon karyawan, pemegang saham, pemasok, regulator, serta masyarakat luas.

Organisasi yang memiliki sistem manajemen K3 yang efektif biasanya akan memiliki tempat kerja yang lebih aman dan sehat, mematuhi peraturan dan memenuhi harapan pelanggan yang lebih baik, dibandingkan dengan organisasi yang tidak memiliki sistem manajemen K3.

Kurangi Premi Asuransi

Jika organisasi Anda bersertifikat ISO 45001, Anda dapat mengurangi premi asuransi. Dengan mempertahankan sistem proaktif untuk mengurangi lingkungan berbahaya di tempat kerja, biaya asuransi pada organisasi Anda akan menjadi lebih rendah.

Kepuasan karyawan

Peningkatan tempat kerja Anda akan selaras dengan peningkatan kepuasan karyawan. Ketika Anda menjadikan kesehatan dan keselamatan karyawan sebagai prioritas, ini menunjukkan bahwa Anda peduli pada karyawan Anda. Hal ini akan menciptakan perubahan budaya dan kepuasan kerja, pengetahuan, dan partisipasi karyawan yang lebih baik.

Bagaimana ISO 45001 berhubungan dengan standar lain?

ISO 45001 mengikuti pendekatan standar tingkat tinggi yang diterapkan pada standar sistem manajemen ISO lainnya, seperti ISO 9001 (kualitas) dan ISO 14001 (lingkungan). Pengembangan standar ini telah melalui pertimbangan konten standar internasional lainnya, seperti OHSAS 18001 (“Panduan ILO –OSH” Organisasi Perburuhan Internasional) dan standar nasional, serta standar dan konvensi ILO tentang Perburuhan Internasional (ILS).

Mereka yang mengimplementasikan standar ISO 45001, setelah dipublikasikan, harus menemukan persyaratannya konsisten dengan standar lainnya. Ini akan memungkinkan migrasi yang relatif mudah dari standar sistem manajemen K3 yang ada ke ISO 45001. Ini juga memungkinkan penyelarasan dan integrasi dengan persyaratan standar sistem manajemen ISO lainnya ke dalam proses manajemen keseluruhan organisasi Anda.

Regulasi Terkait

  • Undang-undang no. 1 tahun 1970, tentang keselamatan kerja
  • Peraturan Pemerintah no. 50, tahun 2012 tentang penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja
  • Peraturan menteri no. 5/PRT/M/2014 tentang pedoman sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja konstruksi bidang pekerjaan umum
  • Persyaratan para pihak berkepentingan

Manfaat Umum

  • Mengurangi angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja
  • Menghilangkan risiko bahaya di tempat kerja
  • Meningkatkan kesadaran seluruh organisasi akan K3
  • Mematuhi peraturan perundangan K3
  • Mencegah biaya insiden, downtime dan gangguan operasi
  • Menguragi biaya premi asuransi
  • Mengurangi absensi dan tingkat turnover
  • Peningkatan produktivitas, citra dan daya saing

Manfaat Strategis ISO 45001

ISO 45001 akan mendukung manajemen bisnis Anda yang efektif dan membantu Anda memenuhi persyaratan pelanggan. Sangat cocok untuk organisasi mana pun yang ingin meningkatkan kepuasan pelanggan, motivasi staf dan membangun budaya peningkatan berkelanjutan.

ISO 45001 menyediakan sistem untuk mengidentifikasikan bahaya potensial dan meminimalisasi risiko terhadap kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

ISO 45001 memberikan tindakan pencegahan yang optimal dan meyakinkan pihak berkepentingan dalam mengelola dan meningkatkan kinerja penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja.

Memastikan tingkat kesadaran karyawan terhadap risiko di tempat kerja dan kepatuhan terhadap peraturan hukum, dengan menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja memberikan peningkatan bagi keberlanjutan perusahaan melalui peningkatan produktivitas.

Kesimpulan

Konsultan ISO 45001 ShineWing Brio Consulting memiliki spesialisasi di bidang ISO dan akan membantu Anda menerapkan dan memelihara Sistem Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja Anda dalam mencapai dan mempertahankan sertifikasi terakreditasi KAN dan persyaratan standar ISO 45001: 2018.

ShineWing Brio Consulting memberikan penawaran dan saran tentang perubahan-perubahan dan memastikan transisi yang sederhana dan mudah diterapkan.

    Permintaan Informasi

    Beritahu kami bagaimana kami dapat membantu Anda

    * Kami tidak membagikan informasi pribadi Anda dengan siapa pun. Lihat Kebijakan Privasi kami untuk informasi lebih lanjut.