Konsultan ISO 27001 Shinewing BRIO Consulting siap untuk membantu usaha anda mendapatkan sertifikasi ISO. Dengan ISO 27001 perusahaan anda akan memiliki pedoman yang jelas dalam menangani keamanan data.

Keamanan data adalah segala informasi yang mengandung informasi sensitif. Data ini dapat berupa catatan keuangan, detail biografi, atau bentuk identitas pribadi lainnya. Keamanan cyber adalah tantangan yang terus berkembang,

Percayakan pada kami konsultan ISO 27001 SWBC kami memiliki pengalaman dan kapabilitas untuk memastikan kepatuhan dan penyesuaian sistem manajemen keamanan informasi yang yang dikelola organisasi Anda untuk mendapatkan sertifikasi ISO 27001.

Mengenal ISO 27001

Pada dasarnya ISO 27001 merupakan persyaratan wajib untuk membangun sistem manajemen keamanan informasi (SMKI). Persyaratan SMKI ini tidak mengikat hanya kepada produk teknologi informasi.

ISO 27001: 2013 Memberikan kerangka kerja kebijakan, prosedur dan kontrol untuk mengatasi risiko keamanan informasi secara hukum, fisik, dan teknis untuk bisnis Anda.

Berdasarkan Lampiran SL ISO 27001 dapat dengan mudah diimplementasikan dengan standar yang ada, seperti ISO 9001 atau beroperasi sebagai sistem yang dapat berjalan mandiri.

ISO 27001 sangat tepat untuk organisasi manapun yang ingin meningkatkan keamanan informasi dan membangun budaya peningkatan berkelanjutan.

Sistem Manajemen Keamanan Informasi

Dengan menggunakan pendekatan manajemen berbasis risiko, sistem ini didesain untuk menjamin agar pengendalian keamanan mampu melindungi aset perusahaan dari berbagai risiko dan memberikan keyakinan kepada para pihak berkepentingan, standar ini dapat diimplementasikan pada organisasi swasta, pemerintah dan nirlaba.

Organisasi menggunakan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) untuk mencapai tujuan ini. SMKI yang efektif harus mencakup semua aspek interaksi organisasi dengan data dalam hal keamanan, ketersediaan, dan kejujuran.

Pendekatan holistik ini berarti sebagai berikut:

  • Menilai semua risiko masa depan, dampak dan biaya terkait
  • Klasifikasi risiko berdasarkan kemungkinan dan identifikasi rencana tindakan untuk meminimalkannya
  • Menentukan mekanisme dan kontrol keamanan
  • Menyiapkan aturan tentang akses dan tindakan untuk pekerja
  • Tata letak hukum untuk pelaporan
  • Penilaian rutin dan peningkatan kualitas

Proses Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001

Meskipun perusahaan mana pun dapat mengikuti dengan standar, mendapatkan sertifikasi ISO 27001 adalah pekerjaan yang sulit. Tahap ini dimulai dengan pencatatan dan audit kegiatan pengumpulan data saat ini. Dari situ, perusahaan akan menilai kesenjangan tersebut, menyusun rencana tindakan, kemudian melakukan audit kembali.

Persiapan

Kami mengidentifikasi proses dan prosedur pada saat ini dan melakukan analisis kesenjangan untuk memahami keadaan perusahaan anda. Bekerja sama dengan anggota tim yang ditunjuk, dalam memberikan pendekatan pelatihan pendidikan yang akan diterima oleh seluruh karyawan perusahaan. Kami berkoordinasi dengan dalam mengisi celah dalam pembuatan dokumentasi & memperbarui roadmap dengan perwakilan yang ditunjuk di lokasi konsultasi.

Evaluasi Awal

Evaluasi proses ISO 27001 yang ada pada saat ini, sistem di onsite dan online.

Analisis Kesenjangan

Memberikan hasil analisis kesenjangan berdasarkan persyaratan ISMS dan mendiskusikan rencana tersebut dengan manajemen bagaimana mereka ingin menyesuaikan visi dan tujuan bisnis mereka ke dalam Sistem Manajemen ISO 27001.

Implementasi / Pelatihan

Memberikan pelatihan & implementasi sistem manajemen mutu dengan staf perusahaan dan memberikan pelatihan di tempat dan online.

Audit Internal

Memberikan pelatihan audit internal untuk karyawan yang ditunjuk, dan juga audit latihan untuk persiapan bersama staf untuk Audit Registrar

Sertifikasi

Ketika organisasi sudah siap, perusahaan yang berwenang dapat dipertahankan untuk memeriksa dan menyetujui pekerjaannya. Badan sertifikasi akan meninjau setiap dokumen dan melacak perusahaan pelamar yang ditempatkan dan kemudian memberikan saran untuk memperkuat kerentanan. Setelah badan sertifikasi puas, pelamar akan menerima lencana kehormatan ISO 27001.

Secara umum, organisasi menghabiskan rata-rata tiga hingga enam bulan untuk mendapatkan sertifikasi. Namun, penantian itu sepadan, karena sertifikasi ISO 27001 membuka peluang baru potensi pasar.

ISO 27001:2013
Ilustrasi ISO 27001:2013

Regulasi Terkait ISO 27001:2013

  • Permen BUMN No.2, tahun 2013
  • Permen Kominfo no. 41, tahun 2007
  • Surat edaran kominfo no. 5/SE/M.Kominfo/07/2011
  • Permen Kominfo no.4, tahun 2016
  • UU No. 19, tahun 2016
  • PP 82, Tahun 2012
  • Permen Kominfo no. 11, 2018

Manfaat Umum ISO 27001

  • Menghindari kebocoran informasi
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan
  • Meningkatkan keandalan keamanan informasi
  • Meminimalkan dan mitigasi risiko keamanan informasi
  • Patuh terhadap peraturan dan perundangan
  • Mengurangi biaya premi asuransi
  • Diferensiasi pasar/daya saing
  • Organisasi lebih profesional dengan budaya pengelolaan SMKI

Manfaat Strategis ISO 27001

Memiliki perusahaan bersertifikat ISO 27001 membuka peluang efisiensi waktu dan biaya. Inilah keuntungan utamanya:

Keseragaman data

ISO 27001 mewajibkan organisasi untuk menstandarkan format data. Saat beroperasi dengan penyedia bersertifikat, data dapat diakses dengan mudah. Menghubungkan ke API hanya membutuhkan sedikit usaha dan membutuhkan sedikit perawatan. Perusahaan pembiayaan konsumen akan segera bergabung dengan penyedia bersertifikat.

Jaminan perlindungan dan kepatuhan data

Bekerja dengan penyedia bersertifikat ISO 27001 memastikan bahwa semua data yang Anda masukkan memenuhi semua standar keamanan data internasional. Perusahaan-perusahaan ini menghabiskan banyak uang untuk memenuhi kewajiban kepatuhan mereka. Mengakses data dari penyedia bersertifikat ISO 27001 memastikan bahwa data tersebut secara otomatis mematuhi semua aturan yang ada.

Minimalisasi Resiko

Bagian dari proses sertifikasi ISO 27001 memungkinkan perusahaan terlatih menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Jika terjadi bencana alam atau pemadaman listrik, penyedia jasa bersertifikat ISO dapat menyediakan langkah-langkah cadangan untuk menjaga data tetap berjalan. Bekerja dengan penyedia bersertifikat ISO 27001 memastikan bahwa tidak ada alasan untuk memikirkan tentang pemadaman data.

Memenuhi standar keamanan internasional

Pemerintah di seluruh dunia menggunakan ISO 27001 untuk membantu mereka memandu peraturan perlindungan data. Produk akhir dari panduan ini di Indonesia berupa serangkaian peraturan yang berbentuk undang-undang, peraturan menteri, surat edaran, dan peraturan pemerintah.

Perlindungan data Konsumen

Perusahaan bersertifikasi ISO 27001 telah mengintegrasikan kepatuhan peraturan perundangan ke dalam seluruh rangkaian produk mereka. Melalui kemitraan dengan penyedia bersertifikat, perusahaan memastikan bahwa data pelanggan mereka dilindungi jika mematuhi semua peraturan yang berlaku secara konsisten.

Manajemen data yang hemat biaya dan aman

Meskipun mematuhi ISO 27001 adalah praktik terbaik, sertifikasi membawa perlindungan data ke level berikutnya. ISO 27001 – memberi bisnis akses ke manajemen data yang andal dan terjangkau.

Kepercayaan konsumen meningkat

Konsumen memprioritaskan keamanan privasi mereka lebih dari sebelumnya. ISO 27001 adalah norma universal untuk memastikan bahwa informasi pribadi pelanggan aman. Bekerja dengan penyedia bersertifikat ISO 27001 menunjukkan bahwa klien Anda serius tentang perlindungan data, menumbuhkan kepercayaan mereka pada merek Anda.

Layanan Konsultan ISO 27001 SWBC

ShineWing Brio Consulting akan membantu Anda menerapkan dan memelihara Sistem Manajemen Keamanan Informasi dalam mencapai dan mempertahankan sertifikasi terakreditasi KAN dan persyaratan standar ISO 27001: 2013

Kami melayani konsultansi ISO 27001 untuk berbagai jenis kategori bisnis seperti manufaktur, perbankan, Marketplace, payment gateway & e-logistic dan semua bisnis yang menangani data.

Hubungi kami melalui formulir di samping ini atau hubungi nomor whatsapp yang tertera di halaman website ini.

    Permintaan Informasi

    Beritahu kami bagaimana kami dapat membantu Anda

    * Kami tidak membagikan informasi pribadi Anda dengan siapa pun. Lihat Kebijakan Privasi kami untuk informasi lebih lanjut.