ISO 14001 merupakan standar internasional dalam menerapkan persyaratan untuk sistem manajemen lingkungan (SML). SML membantu organisasi memperbaiki kinerja lingkungan melalui penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan program pengurangan limbah, sehingga dapat memberikan keunggulan yang kompetitif dan kepercayaan dari para pihak berkepentingan.

SML mensyaratkan organisasi memberikan peningkatan berkelanjutan pada isu lingkungan yang relevan dalam pengendalian operasional seperti pencemaran udara, isu air dan limbah cair, pengelolaan limbah, kontaminasi tanah, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, serta penggunaan dan efisiensi sumber daya.

Shine Wing Brio Consulting, menyediakan jasa konsultan ISO 14001 yang menjadi persyaratan bagaimana suatu perusahaan dapat beroperasi dan organisasi dapat lebih efektivitas dalam proses bisnis untuk peningkatan yang berkelanjutan (continual improvement).

Mengenal ISO 14001

Mengapa penerapan ISO 14001 penting untuk dilakukan bagi organisasi Anda? Pertanyaan ini akan sering Anda dengar di dunia manajemen lingkungan.

Banyak orang dari berbagai jenjang jabatan di perusahaan ingin tahu manfaat bagi perusahaan dalam menerapkan sistem manajemen lingkungan.

Manfaat ISO 14001 untuk Perusahaan

Berikut kami paparkan enam manfaat utama dalam penerapan ISO 14001 untuk organisasi Anda dalam artikel berikut.

Memenuhi persyaratan hukum yang berlaku

Salah satu manfaat dari penerapan ISO 14001 terkait sistem manajemen lingkungan yakni dapat memberikan perusahaan Anda kerangka dan sistem untuk menjaga kepatuhan proses bisnis perusahaan dalam berbagai persyaratan hukum lingkungan yang berlaku.

Selain itu, implementasi sistem ini juga akan menciptakan citra positif bagi perusahaan bahwa perusahaan Anda peduli dalam masalah lingkungan dan memiliki sistem kerja yang terbukti mematuhi semua persyaratan hukum. Hal ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda.

Meningkatkan citra dan kredibilitas perusahaan Anda

Pengelolaan dampak lingkungan perusahaan dapat bermanfaat bagi pemenuhan persyaratan formal maupun mempertahankan citra publik perusahaan yang baik.

Seiring perkembangan zaman konsumen semakin khawatir akan dampak lingkungan yang ditimbulkan dari pemanfaatan produk yang dikonsumsi.

Dengan menunjukkan komitmen perusahaan dalam identifikasi dan pengendalian dampak lingkungan akan meningkatkan dan mempertahankan citra perusahaan yang baik di mata publik.

Kepercayaan publik akan mendukung perusahaan dalam meningkatkan pangsa pasar melalui hubungan sosial di masyarakat.

Peningkatan dalam pengendalian biaya perusahaan

Dengan kepatuhan Anda dengan hukum, terutama terkait pengelolaan lingkungan, akan mengurangi potensi biaya yang timbul bagi Anda, baik berupa denda, pembersihan dan reparasi.

Penggunaan aspek peningkatan sistem manajemen lingkungan Anda dapat membantu mengurangi biaya dengan berupaya menghemat energi dan bahan masukan yang diperlukan oleh proses bisnis perusahaan Anda.

Data yang baik akan mendukung tingkat keberhasilan perusahaan.

Saat Anda mencoba melakukan berbagai pemenuhan implementasi standar ISO 14001, penting untuk memastikan Anda bekerja dengan data yang baik dan akurat-yang merupakan elemen kunci dari standar ISO 14001.

Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan dengan melacak peningkatan melalui pengumpulan data.

Hal ini akan membantu Anda memperbaiki masalah dan pulih lebih cepat jika Anda mengetahui data lebih cepat pula. Hal ini tentunya juga akan menghemat waktu dan pengeluaran perusahaan Anda.

Memungkinkan peningkatan proses yang lebih cepat

Peningkatan berkelanjutan merupakan bagian integral dari persyaratan ISO 14001. Ini dapat digunakan untuk membantu perusahaan melakukan peningkatan yang lebih besar dalam proses perusahaan Anda.

Proses ini dapat membangun citra publik dengan lebih baik, dan mengurangi pengeluaran perusahaan Anda. Peningkatan proses ini penting untuk dilakukan untuk mengurangi dampak lingkungan, menghemat waktu dan sumber daya dalam peningkatan proses.

Mengurangi pergantian karyawan

Citra dan kredibilitas perusahaan secara tidak langsung mempengaruhi kinerja karyawan. Kepedulian lingkungan merupakan hal yang cukup banyak diperhatikan orang.

Sering kali, karyawan yang merasa bekerja di perusahaan yang tidak memperhatikan lingkungan, memilih untuk keluar dari perusahaan. Tentunya mempertahankan karyawan lebih mudah daripada merekrut dan melatih karyawan yang baru. Ini akan mengurangi pengeluaran yang harus dibayarkan perusahaan untuk karyawan.

Alasan utama untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan dalam ISO 14001 adalah membantu lingkungan mengurangi dampak negatif. Pengelolaan lingkungan yang baik dan fokus akan menjadi keuntungan jangka panjang perusahaan Anda dalam penerapan sistem pengelolaan lingkungan.

Regulasi Terkait ISO 14001:2015

  • Permen LH No. 31, Tahun 2009, tentang pembinaan dan pengawasan penerapan sistem manajemen lingkungan, ecolabel, produksi bersih, dan teknologi berwawasan lingkungan di daerah
  • Permen LH No. 3, Tahun 2014, tentang program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup
  • Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
  • Persyaratan para pihak berkepentingan

Manfaat Umum ISO 14001

  • Meningkatkan kinerja lingkungan
  • Pemenuhan kewajiban lingkungan
  • Meningkatkan reputasi dan daya saing
  • Mengurangi risiko dampak lingkungan negatif
  • Keunggulan finansial melalui efisiensi sumber daya
  • Mencapai tujuan strategis dengan masukkan isu lingkungan
  • Meminimalkan risiko kerugian dari masalah lingkungan
  • Peningkatan berkelanjutan

Manfaat Strategis ISO 14001

ISO 14001 akan mendukung manajemen bisnis Anda yang efektif dan membantu Anda memenuhi persyaratan pelanggan. Sangat tepat untuk organisasi yang ingin meningkatkan kepuasan pelanggan, motivasi staf dan membangun budaya peningkatan berkelanjutan.

Meningkatkan peluang bisnis dengan mematuhi peraturan dan persyaratan lingkungan yang berlaku dengan menerapkan secara konsisten akan mengurangi potensi risiko yang merugikan.

Mendukung pengembangan proses internal yang lebih efisien dalam mengelola lingkungan dan mengurangi pencemaran lingkungan, menghemat biaya dan sumber daya dalam meningkatkan keuntungan.

Mendukung praktek peningkatan komunikasi, motivasi dan keterlibatan karyawan untuk mengurangi dampak lingkungan negatif.

Layanan Konsultan ISO 14001 SWBC

ShineWing Brio Consulting dapat membantu Anda menerapkan dan memelihara Sistem Manajemen Lingkungan dalam mencapai dan mempertahankan sertifikasi terakreditasi KAN dan Persyaratan ISO ISO 14001: 2015 – Standar Sistem Manajemen Lingkungan.

Konsultan ISO 14001 ShineWing Brio Consulting akan secara professional membantu setiap kebutuhan perusahaan Anda, bersama dengan team yang berpengalaman di berbagai industri baik nasional maupun multinasional, kami menjamin Anda akan mendapatkan solusi terbaik untuk perusahaan Anda dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Hubungi kami melalui formulir di samping ini atau hubungi nomor whatsapp yang tertera di halaman website ini.

    Permintaan Informasi

    Beritahu kami bagaimana kami dapat membantu Anda

    * Kami tidak membagikan informasi pribadi Anda dengan siapa pun. Lihat Kebijakan Privasi kami untuk informasi lebih lanjut.